Tuesday, June 18, 2013

Manfaat Hand Guard Pada Sepeda Motor

"Hand guard" (baca: hen ga:d) atau "hand shield" berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti "pelindung tangan". Kata hand guard dalam konteks sepeda motor adalah perangkat pelindung tangan yang dipasang di setang kemudi untuk melindungi tangan serta tuas rem dan kopling dari benturan.
Ada berbagai macam hand guard yang tersedia di pasaran. Harga dan bahannya pun bermacam-macam. Ada yang terbuat dari plastik, aluminum, dan besi. Harga hand guard berkisar antara 100 hingga 400 ribu per pasang. Bahkan hand guard berkualitas import bisa jauh lebih mahal.
Jenis hand guard pun bermacam-macam. Berbagai stylish look beserta perlindungan maksimal ditawarkan oleh perangkat tersebut. Ada hand guard yang hanya memiliki satu titik pemasangan, dan sudah cukup aman untuk sepeda motor jalanan yang dipakai sehari-hari. Untuk motor jenis duel-sport, street fighter, dan adventure-touring, hand guard yang memiliki dua titik pemasangan terasa lebih sesuai karena memberikan perlindungan maksimal terhadap benturan maupun cuaca.

Lalu, apa saja manfaat hand guard? Apakah hand guard hanya sekedar aksesoris yang justru menambah motor jadi tampak ribet dan tidak simple? Berikut ini manfaat hand guard yang kami rinci berdasarkan pengalaman nyata, bukan sekedar copas:
  1. Melindungi jari tangan dari benturan
    Pada sebuah kecelakaan, jari tangan kiri seorang pengendara motor sampai remuk setelah dia menabrak tiang listrik. Iihh ... ngeri. Jika sudah terjadi kecelakaan seperti itu, biaya medis plus pemulihan dan perbaikan motor pasti akan jauh lebih mahal daripada biaya pemasangan hand guard.
  2. Meminimalisir kerusakan di sektor kemudi saat kecelakaan atau terjatuh
    Pada saat mengalami kecelakaan lalu terjatuh, bagian sepeda motor yang terlebih dahulu menyentuh tanah atau aspal adalah kemudi/setir. Akibatnya bisa ditebak. Tuas rem dan kopling, holder tombol lampu, master rem cakram, dan hand pad atau hand grip adalah bagian yang sangat rawan rusak, mulai dari tergores, bengkok, bahkan pecah atau patah. Kesaksian Bro Andra Puca juga bisa diambil sebagai contoh. Setang kemudi motornya pernah membentur bak mobil pick-up. Alhamdulillah, tangannya tidak terluka sedikitpun karena terlindungi hand guard berbahan besi 100%. Perangkat di setang kemudi juga tidak ada yang rusak. Hanya setangnya yang sedikit bengkok karena benturan tersebut. Bagaimana dengan bak mobil pick-upnya? Penyok parah.
  3. Mengurangi dampak hembusan angin dan guyuran air hujan secara langsung.
    Siapapun yang pernah menjelajah jalanan di bawah guyuran hujan di lereng pegunungan seperti Gunung Bromo dan Argopuro, pasti tahu bagaimana rasanya tetes air hujan yang jatuh di atas kulit tangan yang sensitif karena membeku oleh hembusan hawa dingin. Pasti menyengsarakan. Hand guard mampu meringankan penderitaan kita dengan menahan terpaan angin dan air hujan secara langsung pada jari tangan kita.
  4. Sebagai tempat untuk lampu tambahan.
    Visibilitas kendaraan kita sangat penting dalam menunjang faktor keselamatan dalam berkendara, terlebih lagi di malam hari. Untuk alasan itulah, banyak motorist atau biker yang memasang lampu-lampu tambahan. Hand guard bisa menjadi tempat yang tepat untuk pemasangan lampu-lampu tambahan seperti lampu led kecil, mata elang, atau sein tambahan. Jika pemasangannya tepat tanpa mengurangi kekuatan konstruksi hand guard, lampu-lampu tambahan tersebut bisa semakin mempermanis tampilan motor.
  5. Meng-upgrade tampilan motor.
    Bagi biker yang ingin motornya memiliki tampilan street-fighter atau "petarung jalanan", hand guard adalah aksesoris yang kami rekomendasikan untuk dipasang. Jika dipadu dengan setang setir model fat bar seperti Acerbis, Two Brothers, atau Driv, maka dijamin aura motor street-fighter yang gagah, keren, dan macho akan semakin tampak. Tapi jangan memaksakan diri memasang hand guard pada segala jenis motor. Hand guard akan tampak salah tempat jika dipasang di motor sport sejenis CBR atau Ninja, kecuali sudah dimodifikasi menjadi tunggangan street-fighter. Demikian juga pada motor bebek dan matic. Hand guard akan tampak lucu jika dipasang di kedua jenis motor tersebut, kecuali jika bagian depan sudah dimodifikasi trondol habis hingga tampak setang kemudinya ala motor adventurer.
Itulah manfaat hand guard pada sepeda motor. Cukup banyak bukan? Hand guard memang merupakan aksesoris wajib bagi sepeda motor sang "petarung jalanan" dan "petualang". Bagi mereka yang hobby menaklukkan tantangan alam di atas motor-cross, atau touring menjelajah jalanan umum, hand guard adalah perangkat penting yang harus dipasang pada motor.Jadi, buruan dah. Beli hand guard lalu pasang pada motor agar keamanan berkendara semakin terjamin. Selamat memasang hand guard. Tetap hindari anarki dan tindakan destruktif yang merugikan orang lain. Karena kita bikers, bukan geng motor.
Keep brotherhood and safety riding.




No comments:

Post a Comment