Monday, March 10, 2014

Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri


Hari Jumat tanggal 7 Maret 2014 pagi, sekitar pukul 11 wib, diler Dunia Motor yang berlokasi di jalan Sukarno-Hatta no. 18-20, Probolinggo tiba-tiba menjadi jauh lebih ramai daripada biasanya. Saat itu, diler Dunia Motor menjadi tempat persinggahan para riders yang tergabung dalam Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri yang disponsori oleh PT. Astra Honda Motor (AHM).

Selain sepeda motor customer Dunia Motor, halaman tampak penuh oleh motor yang dikendarai 12 riders Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri beserta puluhan crew pendukung dan simpatisan mereka. Banyak juga anggota club motor Honda setempat yang menyambut kedatangan ekspedisi "12 Riders, 3 Pulau, lebih Dari 8000 km" tersebut. Hiburan musik yang dibawakan oleh para penyanyi lokal juga menambah meriahnya acara penyambutan tersebut.

Tujuan Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri

Ketika ditanya lebih jauh tentang Ekspedisi Nusantara 2014 ini, Nasrul Umam (Bro Aroel) yang menjadi salah-satu rider dalam ekspedisi tersebut menjelaskan bahwa Ekspedisi Nusantara 2014 yang disponsori oleh PT. Astra Honda Motor ini bertujuan untuk menguji ketangguhan 3 varian motor sport Honda berteknologi injeksi atau PGM-FI, yaitu Honda New Megapro PGM-FI, Verza, dan CB150R.


Dari aspek sosial, Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri mengemban misi sebagai ajang pertukaran budaya serta bentuk kepedulian sosial yang diwujudkan ke dalam bantuan sosial yang diberikan kepada sekolah-sekolah dan tempat ibadah di berbagai daerah yang menjadi jalur ekspedisi. Ekspedisi Nusantara 2014 juga menyempatkan diri mengunjungi lokasi penampungan korban letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Rute Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri

Bertolak dari 0 km Meulaweh, Sabang pada tanggal 21 Februari 2014, Ekspedisi Nusantara 2014 menyusuri jalur Sumatra lalu menyeberang ke Jawa. Ekspedisi Nusantara 2014 mencapai Kota Probolinggo pada tanggal 7 Maret 2014 setelah sehari sebelumnya mengunjungi Gunung Bromo sebagai icon wisata Jawa Timur. Total jarak tempuh ekspedisi tersebut sudah melampaui 5000 km.

Dari Kota Probolinggo, Ekspedisi Nusantara 2014 akan meneruskan perjalanan menuju ke Jember dan Banyuwangi, lalu dijadwalkan kembali ke arah Surabaya pada tanggal 8 Maret 2014. Dari Surabaya, Ekspedisi Nusantara akan menyeberang ke pulau Kalimantan, lalu meneruskan jalur darat menuju garis finish di kota Katulistiwa 0 km Pontianak. Total jarak tempuh Ekspedisi Nusantara 2014 dari garis start di Sabang hingga garis finish di Pontianak diperkirakan melebihi 8000 km.

Ketangguhan Dalam Ekspedisi Nusantara 2014 Satu Hati Untuk Negeri

Sesuai dengan tujuan Ekspedisi Nusantara 2014, ketangguhan 12 motor sport Honda benar-benar diuji dalam ekspedisi ini. Kedua-belas motor itu terdiri dari 4 Honda New Megapro PGM-FI, 4 Honda CB150R, dan 4 Verza. Meskipun varian berbeda, ketiganya masih masuk dalam kelas yang sama yaitu 150 cc.

Ketika ditanya tentang suka-duka selama perjalanan, salah seorang rider dengan tersenyum menjawab, "Suka saja. Ga ada dukanya karena kami tidak pernah mengalami kendala dengan motor sedikitpun."
Bagaimana dengan oli mesin? Ekspedisi ini dipatok hanya perlu 1 kali mengganti oli mesin untuk menempuh jarak 8000 km, karena oli bawaan AHM mampu bertahan hingga 4000 km.
Tidak hanya ketangguhan ke-3 varian motor sport Honda yang diuji dalam ekspedisi ini, tapi juga ketangguhan riders sendiri. Untuk bisa menjadi seorang rider dalam Ekspedisi Nusantara 2014, mereka harus melalui seleksi di AHM daerah dengan kriteria jam terbang touring dan pengalaman. Riders yang berhasil mendapatkan kesempatan mengikuti Ekspedisi Nusantara 2014 kali ini berasal dari Medan, Bengkulu, Padang, Lampung, Jakarta, Bogor, Kalimantan Selatan, Jogja, Surabaya, Kudus, dan Bandung.










2 comments:

  1. Mantap...
    Semoga Honda tetap satu hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiin yRa. Betul. Satu Hati Untuk Negeri :) (y)

      Delete