Friday, June 3, 2016

SAFETY RIDING CLASS BERSAMA PT. MPM

“Respect for human life” atau penghargaan terhadap nyawa manusia. Itulah prinsip yang digunakan PT AHM sebagai landasan dari upaya untuk mewujudkan budaya berkendara yang aman di tengah masyarakat. Prinsip itu jugalah yang menjadi landasan PT MPM Distributor untuk memberikan pelatihan safety riding kepada masyarakat, khususnya para bikers yang tergabung dalam komunitas Honda Blog Jawa Timur, Upaya itu diwujudkan dalam kegiatan Safety Riding Class yang diadakan di kantor MPM di Sedati, Sidoarjo pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2016. Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan berbagai club yang tergabung dalam Honda Blog Community Jawa Timur, termasuk Megapro Club Probolinggo.

MPCP action with All New CBR 150R

MPCP action with All New CBR 150R
Dalam pelatihan tersebut, anggota Honda Blog Community yang hadir mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat tentang tata-cara berkendara yang benar. Meskipun seorang biker sudah memiliki jam terbang yang tinggi, belum tentu dia paham bagaimana tata-cara berkendara yang benar, setelah "Indoor Training", peserta Safety Riding Class digiring ke lapangan, lebih tepatnya Safety Riding Course milik PT. MPM. Mas Tri Novan dari PT. MPM mengawali dengan briefing tentang postur berkendara yang benar. Dengan diperagakan seorang mentor, dia menjelaskan bagaimana posisi tubuh yang benar saat berkendara. Mau tahu? Simak artikel tentang Postur Berkendara yang Baik. Selanjutnya para mentor memperagakan tata cara pengereman yang efektif dan aman. Di situ diperagakan bahwa pengereman yang baik akan membuat laju motor terhenti dalam jarak yang aman tanpa harus kehilangan kendali atau selip dan terjatuh.

Pengenalan Trek Slalom

MPCP In SRC (Safety Riding Course)


Tibalah saatnya para peserta berkompetisi di atas “narrow plank”, yaitu sebuah bidang lurus dengan lebar (menurut perkiraan penulis) berkisar antara 20-30 cm. Setelah mendengarkan tips serta mengamati demonstrasi para mentor, peserta Safety Riding Class berlomba-lomba untuk menjadi yang paling lambat dalam melintasi “narrow plank”. Peserta dengan catatan waktu paling lama tanpa kehilangan keseimbangan hingga menyebabkan kaki turun ke aspal atau motor keluar dari bidangnya akan menjadi pemenang. Alhamdulillah, Megapro Club Probolinggo keluar sebagai juara meskipun hanya menduduki peringkat ke-7. 

Puncak praktek pada Safety Riding Class itu adalah peserta diijinkan mencicipi arena slalom dengan menggunakan  motor yang sudah disediakan, yaitu 3 unit All new CBR 150 dan I unit CB150R. Sayang sekali, sesi yang sangat menarik ini tidak dilombakan. Mungkin takut terjadi apa-apa ketika peserta yang masih belum paham betul dengan trek berlomba-lomba menjadi yang tercepat. Masuk akal juga. 

Setelah makan siang, acara ditutup dengan pembagian hadiah. Beberapa merchandise menarik dari PT MPM diberikan kepada para pemenang kompetisi “narrow plank’. Selamat buat para juara. Selamat juga buat PT AHM dan PT MPM atas kesuksesan acara Safety Riding Class tersebut. Salut buat PT MPM. Kepedulianmu membuatmu berbeda dari yang lainnya. 5 Jempol …. 


Pemenang Kompetisi "Narrow Plank"

Saksikan Rangkuman Video dan Liputan Foto dalam acara Safety Riding Course bersama PT. MPM



Photo Gallery by www.megapro-probolinggo.com

No comments:

Post a Comment